PLTM Tomata Siap Suplay Daya 10 MW Tapi PLN Hanya Mampu Serap Baru 12 %

    PLTM Tomata Siap Suplay Daya 10 MW Tapi PLN Hanya Mampu Serap Baru 12 %

    MORUT, Sulawesi Tengah - PT. Buminata Energi Perkasa (Application of Renewable Energi) telah membangun Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro ( PLTM) Tomata berkapasitas 10 MW atau 3x3.75 MW di Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah.

    Pengerjaannya, sudah dilakukan sejak Agustus 2018 dan telah selesai pada bulan Mei 2022. Untuk normal operasional PLTM tersebut diperkirakan berjalan pada bulan Juli 2022. Demikian disampaikan Jabir selaku Kepala proyek PLTM Tomata kepada media ini dikantornya, Kamis (07/07/2022) . 

    Pihaknya menjelaskan pasokan ketersediaan daya pembangkit listrik PLTM di Desa Tomata ini, sangat maksimal dan berkapasitas besar bisa melayani untuk kebutuhan masyarakat dan industri di Morowali Utara.

    "Ya pasokan tenaga listrik sudah tersedia dari pihak PLTM yaitu 10 MW, sementara daya yang diserap pihak PLN  baru 1500 kW atau 12 persen saja. Padahal idealnya, daya yang harus di serap bisa sampai 80 persen, " terang Jabir. 

    Menurutnya, kondisi ini sangat merugikan pihak investor. Sebab, sejak  pembangunan proyek PLTM tersebut dilakukan, harusnya pihak PLN sudahmemikirkan dan mempersiapkan jaringan Evakuasi Daya untuk menambah dan mengganti jaringan agar kebutuhan listrik ke pelanggan dapat terlayani.

    "Tentunya kondisi ini sangat merugikan PLTM selaku investor, kami berharap agar pihak PLN memikirkan hal ini dan melakukan langkah maupun tindakan agar suplay daya ini bisa terserap sesuai harapan, " pungkas Jabir. 

    Hal senada disampaikan humas PLTM Tomata, Putra mengatakan dengan ketersediaan daya 10 MW tenaga  pembangkit listrik dapat memenuhi kebutuhan pelanggan/masyarakat termasuk kebutuhan industri di Morowali Utara.

    "Dengan jumlah kapasitas daya yang ada, tentunya sudah terpenuhi secara  maksimal kebutuhan listrik masyarakat termasuk untuk kebutuhan industri, " ungkap Putra penuh optimis. 

    Dalam kesempatan yang sama kepala operasional PLTM, Hendrik Butar-Butar mengatakan, mesin pembangkit listrik ini adalah mesin yang sudah moderen buatan Jerman. Jadi, untuk kebutuhan listrik kita di Morowali Utara tidak ada masalah lagi, hanya saja serapan daya dari PLN masih sangat minim.  

    Saat ini, dikatakannya untuk mesin yang dioperasikan baru satu unit dari tiga turbin. Pihaknya berharap agar pihak PLN dan Pemda Morut, dengan ketersediaan daya tersebut dapat menambah daya penerangan jalan umum (PJU) dengan alasan kebutuhan masyarakat pelanggan. Karena, saat membayar melalui rekening/kwintasi tagihan listrik, ada potongan beban PJU dikenakan kepada pelanggan. 

    "Pertanyaannya, dana potongan beban listrik tersebut diperuntukan untuk apa, " ujar Bang Ucok sapaan akrabnya dengan penuh tanda tanya.

    Salah satu masyarakat Mori Atas, Felix Peuru kepada media ini via telepon genggamnya sangat mengapresiasi pihak Owner/pemilik PLTM Tomata  Hengky selaku investor yang bergerak di bidang kelistrikan yang telah memberikan dukungan nyata untuk  pembangunan listrik di Morowali Utara. 

    Terkait sering terjadinya padam lampu di Morowali Utara, tidak sedikit alat elektronik yang mengalami kerusakan dan hal tersebut sangat merugikan pelanggan. 

    Sebagai masyarakat Morowali Utara sangat prihatin dengan kondisi listrik daerah yang kaya dengan sumber daya alam (SDA) khususnya Tambang tapi listriknya hampir setiap hari terjadi mati-mati hidup.

    "Seharusnya, pemangku kebijakan baik Eksekutif dan Legislatif harus segera menyikapi dan menindaklanjuti terkait persoalan listrik yang belum stabil saat ini, sementara pihak PLTM sudah siap distribusi daya pembangkit tenaga listrik secara optimal, " pungkas Felix Peuru Kader Partai Gerindra Morowali Utara itu.

    (Apri Kelo)

    morut sulawesi tengah-
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    PT. BTIIG Salurkan Hewan Qurban Sebanyak...

    Artikel Berikutnya

    Pemadaman Tak Menentu, PLN Kolonodale Rugikan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Tim Advokasi Amicus Desak Presiden Jokowi Segera Revisi PP 94/2012 Demi Kesejahteraan Hakim
    Satgas TMMD Kodim 1805/Raja Ampat dan Warga Gotong Royong Merakit Kayu Untuk Pembangunan RTLH
    Panglima TNI Resmikan Pompa Hidram Pertanian Di Banyumas
    Polsek Bungku Tengah Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Sepeda Motor di Kelurahan Marsaoleh
    Polda Sulteng pastikan langkah ke semi final Kapolri Cup 2024 setelah Kandaskan DKI Jakarta
    CEO PT Vale Febriany Eddy Masuk Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Asia, Mentransformasi Industri dan Mendukung Keberlanjutan
    Masyarakat Morowali: Lihat Tugu Adipura Ingat Rachmansyah Ismail Sang Eksekutor 
    Babinsa Koramil 1311-02/BS Serma Moh Arifin Sosialisasi di Desa Tangofa Terkait Netralitas TNI di Pilkada 2024
    Kasiops Kasrem 132/Tdl Hadiri Rapat Paripurna Pelantikan Anggota DPRD Sulteng Masa Jabatan 2024-2029
    Pangdam XIII/Mdk bersama Kapolda Sulteng Dampingi Menteri Pertanian dan Dubes RI untuk Vietnam Kunjungi Lembah Napu
    Dukungan Pada Rachmansyah- Harsono Terus Mengalir Deras, TIDAR dan SAMURAI Bangun Spirit Kemenangan di Masyarakat Morowali
    Dapat Nomor Urut 3, Pasangan IKLAS Bunda Iriane Ilyas Salam Metal Simbol Kejayaan Kaum Perempuan
    Dukungan ke Rachmansyah-Harsono Terus Berdatangan, Kali Ini Dari Masyarakat Desa Lasampi Punya Harapan di Sektor Pertanian 
    PT Vale Dapat Perpanjangan IUPK Hingga 2035, CEO Febriany Eddy: Maju bersama seluruh pemangku kepentingan
    Polres Morowali beserta Jajaran Isi Bulan Suci Ramadhan dengan membagikan Takjil Jelang Buka Puasa
    Pj Bupati Morowali mengucapkan Selamat Memperingati Isra Mi'rad Nabi Muhammad SAW 1445 H/2024
    PT Vale Beri Layanan Trauma Healing Untuk Jaga Kondisi Mental Anak-Anak Korban Bencana Luwu
    Peringati Puncak HBA Ke- 63, Kajari Morowali Sampaikan Amanat Jaksa Agung

    Ikuti Kami